Wednesday, May 25, 2016

Air Terjun Sekar Langit. Magelang

Posted by Unknown On May 25, 2016 | No comments
Hallo Gays apa kabar, semoga kabar baik ya' Aamiin, sebelum saya menulis sebuah artikel wisata dari kota Magelang, alangkah baiknya jika saya sapa kalian dulu.
sobat suka berkemping, treveling atau hanya sekedar jalan-jalan menikmati indahnya alam surga dunia ini, monggo" silakan di komen ya, hehe.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan menulis atau menceritakan sebuah wisata yang berada di Kota Magelang Jawa Tengah, jika sobat mendengar  kata Kabupaten magelang pasti kalian tertuju pada tempat wisata Candi Borobudurnya yang terkenal mendunia,  iya kan, jika iya berarti kita sama hehe".

kali ini saya tidak membahas tentang Candi Borobudur melainkan, akan menceritakan Air Terjun Sakar Langit, kalian tau tidak arti dari Sekar Langit, oke mari kita cari tahu apa itu sekar langit, sekar langit adalah bahasa jawa,  jika di artikan dalam bahasa Indonesia maka artinya ( Bunga, Langit ). bunga yang turun dari langit, air terjun sekar langit merupakan tetesa mata ir yang berasal dari puncak Gunung Telomoyo, Untuk ketinggiannya Air terjun ini mencapai -/+35 "cm" dan mengalir kearah barat menujuh sungai Elo dan selanjutnya bermuara di Laut Kidul jawa.




                ♡ Menurut sejarah ♡

Warga sangat menghormati air terjun ini, disebabkan karena lantaran sebuah runtutan kisah dongeng klasik legenda Joko Tarub, seorang pria iseng yang mengintip dan mencuri selendang bidadari yang sedang mandi di sebuah air terjun.
Warga disekitar air terjun ini percaya bahwa air dari Air Terjun Sekar Langit memiliki khasiat, baik untuk penyembuhan penyakit yang ringan seperti gatal-gatal, kudis, pusing kepala sampai kepada penyakit kronis.  Selain itu juga air terjun sekar langit ini dapat menambah aura kecantikan bagi kaum perempuan.  Caranya dengan mandi atau cukup sekedar membasuh muka saja.  Ada pula anggapan lain tentang erotisme khasiat dari air terjun ini, yaitu  mampu untuk menambah padat, berisi dan kencang payudara bagi perempuan.  Caranya adalah sambil mandi, air terjun yang mengucur ini langsung dikenakan ke bagian utama identitas kewanitaan ini baik secara langsung atau boleh juga dikenakan sedikit demi sedikit atau diserempet-serempetkan saja. Yang penting, air dari Air Terjun Sekar Langit harus mengenai payudara secara langsung sebelum air tersebut jatuh menyentuh bumi.

Bahkan bagi yang sulit mendapatkan jodoh terutama bagi kaum pria, tempat ini sering dijadikan tempat untuk melaksakan keingingan tersebut di atas..

Ritual untuk mendapatkan jodoh biasanya dengan melakukan meditasi di malam hari, yaitu pada malam Jumat Kliwon atau malam Selasa Kliwon, dengan cara membakar dupa atau kemenyan sambil menghadap ke arah timur laut.  Umumnya tempat yang dipilih untuk melakukan ritual tersebut adalah di sebuah batu berdiameter sekitar 5 meter yang terletak di sebelah selatan air terjun.  Konon menurut cerita di tempat ini adalah tempat yang paling makbul atau ampuh, dimana dulunya Joko Tarub mengintip bidadari-bidadari yang sedang mandi di air terjunSekar Langit ini.

Harga tiket masuk

Tiket masuk tiap kendaraan bermotor adalah Rp. 2000  dan mobil Rp. 3000.


Lokasi

Terletak Desa Telogorejo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang

0 comments: