Tuesday, May 24, 2016

Temapt Wisata Air Tiga Rasa. kabupaten kudus

Posted by Unknown On May 24, 2016 | No comments
kali ini saya beralih Wisata ke Kota Kudus, yang lebih terkenal dengan sebutan kota Kretek kenapa disebut kota kretek karena kota ini memiliki nama pabrik rokok yang tersohor di tanah air bahkan ke manca negara, wah hebat ya.



kota kudus bukan terkenal kota kereteknya saja loh sob tapi masih ada yang lain.
sebut saja kota Santri dan juga kota wali,

ngomong-ngomong soal Air Tiga Rasa sobat pernah kesini belum yaaa,

lokasi Air Tiga Rasa ini tidak lah jauh dari Makam Sunan Muria dan air terjun mohntel
disini banyak tempat ziaroh yang dapat kalian kunjungi di kota kudus loh.
salah satunya adalah tempat ziaroh Sunan Muria yang banyak peminat untuk di kunjunginya, mereka yang berkunjung maupun wisata adalah para wisatawan dari dalam kota maupun luar kota, karena konon katanya tempat ini banyak keramatnya sampai sekarang.


Sebuah makam di sebelah utara makam sunan  muria dan di atas objek wisata air terjun montel tepatnya dijapan utara yang tersohor dengan sebutan Rejenu, berdasarkan astronomi berada dikoordinat 6° 39' 6 LS 110° 54' 10" BT, dinisi terdapt sebuah makam yanga banyak dikunjungi untuk diziarohi oleh orang-orang yang mengenalnya sebagai makam Syeh Sadzli, salah satu dari murid sunan muri yang di hormati,


Nah ini adalah tantangan tersendri bagi saya dan teman-teman, karen utuk mencapai makam  Syeh Sadzli, tidak semudah bila kita berziaroh ke makam Sunan Muria, karena kawasan ini belum tersentuh oleh banyak orang dan masih alami, bahkan listrikpun belum ada, meskipun jalan menuju kesan sudah di perlebar dan di lapisi oleh Beton, sehingga banyak jasa ojek, untuk rutenya kita bisa melalui rute dari desa japan,

konon sejarah dari syeh sadzali masih simpang siur bahwa beliau adalah murid dari sunan muria, bahkan pengurus yayasan setempatpun masih mengumpulkan data-datnya yang mereka yakini, syeh sadzali itu konon berasal dari negri Irak " Bagdad"

  Objek wisata yang lain
Selain itu, ternyata masih ada beberapa objek yang lain dan berdekatan dengan makam Syeh Sadzli dan Air Tiga Rasa. Objek-objek itu antara lain adalah:
  1. Air terjun. Cukup tinggi, tidak kalah dengan air terjun Montel di Colo. Namun, jalan ke arah sana baru jalan setapak atau lewat aliran Sungai Rejenu.
  2. Gua Jepang.
  3. Makam Syeh Subakir dan Ali Murtadho. Di sebelah atas melalui jalan setapak yang terjal.
  4. Sendang Anglingdarmo.
Selain itu Rejenu (Makan Syeh Sadzli dan Air Tiga Rasa) merupakan pos pendakian terakhir bagi yang ingin mendaki ke Puncak Argowiloso maupun Argojembangan. Dua diantara beberapa puncak tertinggi di Gunung Muria
   Fasilitas yang ada di air tiga rasa
Meski berada di tengah hutan terkepun aneka puncak bukit di Gunung Muria dan tanpa aliran listrik, pengunjung dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia:
  • Ojek, bagi sobat yang malas berjalan kaki
  • Warung makan buka 24 jam
  • Kamar penginapan sederhana di setiap warung
  • Musalah
  • Kamar mandi
  • Bagi sobat yang menyukai camping bisa memanfaatkan area di sekitar objek ini untuk mendirikan tenda.
Potensi ini memang fenomena yang menarik untuk dikembangkan di masa yang akan datang. Sayangnya objek wisata ziarah di Kabupaten Kudus belum dikelola secara  profesional oleh Pemkab Kudus. Tercermin dari seberapa jauh dana APBD yang disediakan di sektor tersebut. Tanpa adanya dukungan dana yang belum memadai, objek wisata seperti Gunung Muria (Sunan Muria dan Pesanggrahan Colo) terpaksa tampil dengan fasilitas seadanya.
Mari kita jaga alam kita agar anak cucu-cucu kita bisa menikmati keindahan alam semesta ini.

0 comments: