Tuesday, May 24, 2016

Keindahan Alam Curug Sibedil Pemalang

Posted by Unknown On May 24, 2016 | No comments
Ngomong-ngomong tentang kabupaten pemalang, tentu wisatanya pasti tidak kalah dengan yang lain, iya" setiap daerah pasti memiliki tempat wisata yang berbeda dan potensi alam yang indah di setiap masing-masing wisata,

ternyata kabupaten pemalang memiliki banyak tempat wisata yang masih belum terkenal bagi orang luar kabupaten pemalang, tapi disini saya akan mengenalkan wisata yang tak tersentuh,

meskipun tidak tersentuh tapi keindahan alamnya cukup menakjubkan bagi kita yang ingin mengunjunginya


Nah itu foto adalah curug sibedil yang berada di desa Sima, kecamatan Moga, Kabupaten Pemalang, Provinsi Jawa-Tengah Indonesia, kalo dari kota pemalang menuju lokasi Curug sibedil lumayan dekat kog hanya berjarak -+30 km saja.

ketinggian mencapai -+ 12 meter, itu hanya perkiraan soalnya saya tidak sempat mengukurnya karena tidak ada alat pengukurnya hehe. tapi sobat kalo berkunjung kesitu tidak usah bawah alat pengukur ya. mending sobat langsung menikmati keindahan curug sibedil bersama teman- teman biar tambah asyik saja.

Menurut cerita warga setempat nama Curug Sibedil kurang lebihnya ada dua macam versi. Jika Menurut versi pertama, nama Sibedil diberikan nama karena pada jaman dahulu kala air yang jatuh menimpa bebatuan di bawahnya mengeluarkan suara mirip seperti suara tembakan meriam. Dalam bahasa Jawa, meriam disebut sebagai “bedil”. Karena itulah air terjun ini dinamai Curug Sibedil yang kurang lebih berarti Air Terjun Meriam.

Nah untuk versi yang kedua mempunyai bukti fisik, yakni sebuah batu golong-gilig (serupa tongkat) yang mirip seperti moncong meriam. Dulu, menurut cerita tertua di sekitar air terjun, dari batu tersebut keluar suara mirip dentuman meriam. Malam Jumat Kliwon disebut-sebut sebagai waktu suara bedil itu terdengar. Ada juga yang menyebut suara meriam terdengar setiap sore menjelang magrib. Kini suara tersebut tidak lagi terdengar.

Daya tarik Curug Sibedil, selain keaslian alamnya juga jumlah air terjunnya yang tidak cuma satu tapi banyak dan berjejer di samping air terjun terbesarnya. Curug ini menyajikan suasana damai sehingga tempat ini cocok untuk melepas kejenuhan dari rutinitas sehari-hari. Apalagi bagi yang suka fotografi menyajikan pemandangan yang memukau.



Nah untuk menikmati keindahan Curug Sibedil tidaklah sulit, karena untuk menuju kawasan ini angkutan yang melewatinya. Baik dari Kota Tegal, Pekalongan, Pemalang, Purwokerto, Slawi, atau daerah-daerah lainnya. sobat bisa dapatkan dari berbagai arah mudah toh, kalo boleh disaranin lebih baik pake pake kendaraan sendiri biar lebih geret melihat keindahannya.


0 comments: