Sunday, May 22, 2016

jika anda berkunjung/berwisata kepusat Jawa Tengah ( Semarang) kemana yang anda kunjungi terlebih dahulu.
jika anda pusing mending ikut aku aja dulu gak ada salahnya kan. nah saya akan berbagi tentang Sejarah dan  temapt wisata yang ada di Lawang sewu Semarang ini.
sebelum anda membacnya mendingan anda siapkan dulu cemilan suapaya baca sejarah lawang sewunya lebih semangat lagi dan tidak salah faham. okelah mari langsung aja ketopik sesuai judul di atas.
● Sejarah
lawang sewu adalah bangunan tua yang di dirikan oleh bangsa belanda, patikan dulu anda tidak melewatkan sejarah lawang sewu karena lawang sewu memiliki banyak sejarah jaman dulu, Bangunan peninggalan belanda yang sangat megah ini, loksinya dekat pusat kota semarang ini sangat identik dan terkenal di jawa tengah khususnya di masyarakat Semarang sendri. bangunan nan indah dan megah ini dengan dua menara kubah yang menjulang ini bisa menarik perhatian para wisata dan hobi bersejarah dan merasaka sesuatu yang baru yang menantang nyali anda.

kenpa disebut lawang sewu konon katanya pintu-pintunya berjumblah seribu memang tidak main-main dengan adanya pintu seribu, Nah namun jika kalin ingin menghitungnya karena penasaran maka pintu tersebut hanya terdapt 600 daun pitu saja. Namun jendela-jendela yang besar  khas ala bangunan belanda bisa kalian tambahkan buat menggenapi kekurangan daun pintu tadi. hehe. ngomong-ngmong lawang sewu itu kalo secara bahasanya adalah  "Pintu seribu"  meskipun tidak berjumlah seribu akan tetapi bisa jadi untuk menggambar betapa banyaknya pintu yang terdapat di bngunan tersebu. ngono critone.
gambaran Lawang seribu berakhir katanya saat negri terbitnya matahri Jepang menguasi Semarang tahun 1940an. wah berarti saya belum jadi apa-apa saat itu ya hehe klo kalian sudah terbentuk belum. yuk lanjut kecerita > bangunan megah ini dirubah fungsinya untuk tempat istirahatnya para tentara jepang kala itu, sedangkan di bawah tanah untuk tempat pembantaian  para penduduk pribumi , iiiih seeerrrramm ya, pemuda indonesia dan juga tentara belanda kekejaman tentara jepang sungguh sangat terkenal dalam sejarah, lawang sewu adalah saksi bisu betapa kejamnya tentara jepang menyiksa  bahkan membantai habis-habisan Pemuda pribumi,
tapi setelah indonesia merdeka pada tahun 1945, gedung megah lawang sewu dijadikan tempat kantor oleh pemerintah, diantaranya adalah Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI) atau sekarang lebih dikenal sebagai PT KAI, Kantor Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) dan Kantor Kementrian Perhubungan Jawa Tengah.
oh ia ngomng-nomng tentang sejarah kapan kah gedung lawang sewu di dirikan oleh Belanda pada tahun 1904. Dan tiga tahun setelahnya, yaitu tahun 1907, bangunan ini selesai dibangun oleh pemerintah Kolonial Belanda pada masa itu. Lawang Sewu ini sebenarnya diperuntukkan kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS, sebuah jawatan perkereta apian swasta milik Belanda pada masa itu..
kalo kita ngomongin sejarah indonesia pasti takkan habis-habisnya.  semoga bermanfaat

0 comments: